9.9.18

4 Fungsi Manajemen Keperawatan - Manajemen Keperawatan (Ringkasan Materi UKOM)

FUNGSI MANAJEMEN KEPERAWATAN

4 Fungsi Manajemen Keperawatan - Manajemen Keperawatan (Ringkasan Materi UKOM)

a. Planning (perencanaan) 

  • sebuah proses yang dimulai dengan merumuskan tujuan organisasi sampai dengan menyusun dan menetapkan rangkaian kegiatan untuk mencapainya, melalui perencanaan yang akan dapat ditetapkan tugas -  tugas staf. Dengan tugas ini seorang pemimpin akan mempunyai pedoman untuk melakukan supervisi dan evaluasi serta menetapkan sumber daya yang dibutuhkan oleh staf dalam menjalankan tugas- tugasnya 

b. Organizing (pengorganisasian) 

  • adalah rangkaian kegiatan manajemen untuk menghimpun semua sumber data yang dimiliki oleh organisasi dan memanfaatkannya secara efisien untuk mencapai tujuan organisasi. 

c. Actuating (directing, commanding, coordinating) atau penggerakan 

  • adalah proses memberikan bimbingan kepada staf agar mereka mampu bekerja secara optimal dan melakukan tugas- tugasnya sesuai dengan ketrampilan yang mereka miliki sesuai dengan dukungan sumber daya yang tersedia.

d. Controlling (pengawasan, monitoring)

  • adalah proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi terhadap penyimpangan yang terjadi.

Sumber : www.askep-nursing.blogspot.com dan Ringkasan Materi UKOM 2018

Baca Juga :
Demikianlah artikel kami yang membahas mengenai 4 Fungsi Manajemen Keperawatan - Manajemen Keperawatan (Ringkasan Materi UKOM), dan silahkan share like kepada teman-teman yang lain tentang blog kita ini untuk memberikan mafaat dan ilmu kepada teman-teman lain, sampai jumpa lagi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon