8.9.18

4 Jenis Metode Praktik Keperawatan Profesional - Manajemen Keperawatan (Ringkasan Materi UKOM)

MANAJEMEN KEPERAWATAN

4 Jenis Metode Praktik Keperawatan Profesional - Manajemen Keperawatan (Ringkasan Materi UKOM)

METODE PRAKTIK KEPERAWATAN PROFESIONAL

A. Metode Fungsional

  • Contoh :Seorang perawat bernama heyna bekerja di ruang penyakit dalam, dalam ruangan tersebut pasiennya sangat banyak tetapi perawat tidak sebanding dengan jumlah pasien yang ada. Ruangan tersebut kekuarangan perawat pelaksana, suster heyna sangat ahli dalam melakukan tugas debridement setiap harinya, disamping itu ada perawat yang lain yang tugasnya memberikan obat dan ada pula yang memantau vital sign. 

B. Metode TIM
  • Definisi : Membagi perawat menjadi beberapa kelompok dengan setiap kelompok memiliki penanggung jawab sebagai ketua
  • Contoh :Dalam pemberian tugas IGD kepala ruang membagi tugas perawat pelaksana dalam beberapa kelompok, kepala ruang memiliki harapan agar mencapai pelayanan yang professional. Perawat yang dipilih untuk menjadi penanggung jawab terhadap anggotanya. Perawat untuk menjadi penanggung jawab merupakan perawat yang sudah memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan dengan anggotanya.    

C. Metode KASUS

  • Definisi penjelasan dari pelayanan asuhan keperawatan dengan model kasus yaitu pemberian asuhan keperawatan yang secara menyeluruh dengan satu penanggung jawab sehingga pasien akan merasa puas dan perawat bekerja secara professional.
  • Contoh :Diruang  hemodialisa terdapat 15 tempat tidur setiap harinya 15 tempat tidur tersebut selalu ditempati pasien yang sudah terjadwal untuk cuci darah demi menjangkau kualitas mutu pelayanan yang baik pihak rumah sakit menjadwalka untuk satu pasien satu perawat. 

D. Metode Primer 

  • Definisi pemberian asuhan keperawatan yang menugaskan kepada perawat yang bertanggung jawab penuh terhadap keadaan pasien selama 24 jam dengan kinerja mulai pengkajian, evaluasi hingga pasien pulang dengan dibantu perawat pelaksana.
  • Contoh :Diruang asoka terdapat 9 perawat setiap shift pagi dengan kepala ruang. Dalam pemberian asuhan keperawatan yang berkualitas, kepala ruang menugaskan setiap perawat memiliki tanggung – jawab penuh selama 24 jam bagi pasiennya dengan dibantu perawat pelaksana.

Sumber : www.askep-nursing.blogspot.com dan Ringkasan Materi UKOM 2018

Baca Juga :
Demikianlah perjumpaan kita kali ini tetang 4 Jenis Metode Praktik Keperawatan Profesional - Manajemen Keperawatan (Ringkasan Materi UKOM), semoga apa yang telah saya berikan ini bermanfaat bagi teman-teman semua, aamiin.


Artikel Terkait

2 komentar

Terimakasih, materi pelajarannya bermanfaat banget, semangat bagi teman-teman yang ikut ikut 2021 / 2022

terimaksih untuk pembagian pelajarannya sangat bermanfaat bnget👍


EmoticonEmoticon