25.7.18

Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) Keperawatan Gerontik dan Kunci Jawaban lengkap

Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) Keperawatan Gerontik dan Kunci Jawaban lengkap Edisi 1
 
Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) Keperawatan Gerontik dan Kunci Jawaban lengkap Edisi 1
ukomperawat.blogspot.com


Hai, kita kali ini memposting kebagian UKOM Gerontik, semoga soal-soal ini dapat dipelajari untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi kita.

1.
Manakah intervensi keperawatan yang tepat dilakukan pada klien lanjut usia dengan presbikusis yang mengalami gangguan pendengaran?
A. Bicara lebih keras
B. Bicara lebih pelan
C. Gunakan nada suara yang tinggi
D. Gunakan nada suara yang rendah
E. Gunakan bahasa isyarat

Jawaban : D.
Gunakan nada suara yang rendahRasional: Presbikusis merupakan gangguan yang terkait dengan usia, bersifat permanen perubahan degeneratif pada telinga bagian dalam yang mengakibatkan penurunan ketajaman pendengaran. Hai dari perubahan-perubahan ini, klien lanjut usia mengalami penurunan respon pada suara yang berfrekuensi tinggi. Nada suara rendah lebih mudah didengar dan dimengerti oleh klien lanjut usia. Berbicara lembut atau pelan tidak akan membantu.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek yaitu intervensi pada klien dengan gangguan pendengaran. Ingat kembali bahwa klien dengan gangguan respon pendengaran lebih baik menggunakan nada suara rendah akan menuntun anda pada pilihan jawaban yang tepat.
Review: Karateristik yang berhubungan dengan presbikusis dan gangguan pendengaran
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Prosedur
Keilmuan: Gerontik
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: Reproduksi
Daftar pustaka: Dewit, Kumagai (2013), 589



2. Perawat yang merawat klien lanjut usia di fasilitas perawatan jangka panjang. Apakah tindakan yang membantu mendorong otonomi klien ?
A. Perencanaan makanan
B. Dekorasi ruangan
C. Penjadwalan potongan rambut
D. Memungkinkan klien untuk memilih kegiatan sosial
E. Perencanaan obat

Jawaban D.
Memungkinkan klien untuk memilih kegiatan sosialRasional: otonomi adalah kebebasan pribadi untuk menentukan kehidupan dirinya sendiri asalkan tidak melanggar hak2 oranglain. Individu yg mempunyai otonomi mampu berpikir rasional. Individu ini dapat mengidentifikasi masalah, mencari alternatif, dan memiloh solusi yang memungkinkan kebebasan pribadi terus berlanjut selama orang lain beserta hak2 dan properti mereka tidak dirugikan. Hilangnya otonomi, dan kebebasan, adalah ketakutan yg nyata dari klien lansia. Pilihan yg benar adalah satu2nya yg memungkinkan klien untuk membuat keputusan.

Strategi mengerjakan soal:
fokus pada subjek, mendorong otonomi. Ingat kembali definisi otonomi akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar. Ingat bahwa memberikan pilihan klien pilihan adalah penting untuk mendorong kebebasan.
SUMBER :
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier).



3. Perawat sedang memberikan sesi pendidikan untuk pegawai baru, dengan topik penelantaran pada lanjut usia. Perawat membantu pegawai mengidentifikasi, klien manakah yang paling sering menjadi korban penelantaran ?

A. Seorang pria 75 tahun yang menderita hipertensi sedang
B. Seorang pria 68 tahun yang baru saja didiagnoda katarak
C. Seorang wanita 90 tahun yang menderita Parkinson lanjut
D. Seorang wanita 70 tahun yang didiagnosis penyakit Lyme dini
E. Seorang pria 65 tahun yang menderita diabetes mellitus.

Jawaban C.
Seorang wanita 90 tahun yang menderita Parkinson lanjutRasional: penelantaran lanjut usia meliputi penelantaran fisik,seksual,atau psikologis,penelantaran properti,dan pelanggaran hak2. Korban penelantaran adl wanita usila dengan beberapa kontak sosial dan setidaknya satu gangguan fisik atau mental yang membatasi kemampuannya untuk melakukan aktivitas sehari hari. Selain itu, klien biasanya hidup sendiri atau dengan pelaku penelantaran dan tergantung pada pelaku untuk perawatan.

Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek, penelantaran lansia. Baca setiap pilihan dengan hati2 dan indentifikasi klien yg paling bergantung sebagai hasil dari proses penyakit. Ini akan memgarahkan anda ke pilihan yang benar.
SUMBER :
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier).



4. Manakah intervensi keperawatan yang tepat dilakukan pada klien lanjut usi dengan presbikusis yang mengalami gangguan pendengaran?

A. Bicara lebih keras
B. Bicara lebih pelan
C. Gunakan nada suara yang rendah
D. Gunakan nada suara yang tinggi
E. Gunakan bahasa isyarat

Jawaban : C.
Gunakan nada suara yang rendahRasional: Prsbikusis merupakan gangguan yang terkait dengan usia, bersifat permanen perubahan degeneratif pada telinga bagian dalam yang mengakibatkan penurunan ketajaman pendengaran. Hail dari perubahan-perubahan ini, klien lanjut usia mengalami penurunan respon pada suara yang berfrekuensi tinggi. Nada suara pelan lebih muda didengar dan dimengerti oleh klien lanjut usia. Berbicara lembut atau pelan tidak akan membantu.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek yaitu intervensi pada klien dengan gangguan pendengaran. Ingat kembali bahwa klien dengan gangguan respon pendengaran lebih baik menggunakan nada suara rendahakan menuntun anda pada pilihan jawaban yang tepat.
Review: Karateristik yang berhubungan dengan presbikusis dan gangguan pendengaran
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Prosedur
Keilmuan: Gerontik
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: Reproduksi
Daftar pustaka: Dewit, Kumagai (2013), 589



5.
Seorang perawat melakukan kunjungan ke rumah seorang lansia (72 tahun). Berdasarkan pengkajian : klien mengalami penurunan fungsi penglihatan, berjalan dengan bantuan tongkat. Penerangan rumah klien remang-remang dan lantai tampak licin. Klien hanya tinggal berdua saja dengan anaknya dan anak klien juga sering pulang sore karena sibuk bekerja.
Berdasarkan kasus, apakah diagnosa keperawatan yang tepat ?

a.Intoleransi Aktivitas
b.Gangguan mobiltas fisik
c.Gangguan persepsi sensori : penglihatan
d.Resiko Jatuh
e.Resiko Cedera

Kunci jawab: D. Resiko Jatuh

Sumber : Soal-soal ini disalin dari sumbernya, dan sebagai bentuk terimakasih, kami mencantumkan sumber website tersebut dibawah ini :
https://kumpulanukom.blogspot.com
https://perawatkitasatu.blogspot.com
KBS UKOM Keperawatan Indonesia

Semoga tulisan-tulisan yang telah kami postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, aamiin.
Sekian dari kami selamat berjumpa lagi di postingan kami lainnya.

Artikel Terkait

1 komentar so far

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS
Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah dan singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadi'nya ☎ 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......


EmoticonEmoticon