6.7.18

Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan Anak Ke 1

Contoh UKOM Keperawatan Anak dan Kunci Jawaban

uji kompetensi anak, ukom anak, UKOM Perawat, UKOM Perawat Anak, uji kompetensi perawat anak
uji kompetensi anak

Baiklah marilah kita awalai penulisan ini dengan membaca contoh soal UKOM anak yang pertama. dibawah ini terdapat 8 buah contoh soal UKOM keperawatan anak beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap

1. Perawat sedang membuat perencanaan asuhan pada anak dengan sindrom hemolitik uremik yang telah mengalami anuria dan akan dilakukan dialisis peritoneal. Apakah yang harus direncanakan?
A. Membatasi cairan sesuai yang ditentukan
B. Rawat fistula arteriovenosa
C. Konsumsi makanan tinggi kalium
D. Memberikan analgesik sesuai yang diresepkan
E. Mengelola produk darah

Jawaban : A
Rasional: Sindrom uremik hemolitik diduga terkait dengan racun bakteri, bahan kimia, dan virus yang mengakibatkan cedera GGA pada anak-anak Manifestasi klinik penykit ini meliputi anemia hemolitik, trombositopenia, cedera finjal, dan gejala SSP. Seorang anak dengan sindrom uremik hemolitik menjalani dialisis peritoneal karena anuria dilakukan pembatasan cairan. Nyeri tidak terkait dengan sindrom uremik hemolitik, dan kalium akan dibatasi jika anak menderita anuria. Peritoneal dialisis tidak memerlukan fistula arterivenosus (hanya dialisis).
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan subjek anuria. Fokus pada diagnosa anak Dan ingat kembali pengetahuan anak tentang perawatan klien dengan cedera ginjal akut. Juga fokus data dalam pertanyaan. Perhatikan kata peritoneal akan membantu dalam menyingkirkan pilihan B dari pilihan yang tersisa ingat karena anak anuria cairan akan dibatasi.



2. Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intrakranial pada anak.  Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intrakranial ?
A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikadia
E. Gangguan visual (diplopia)

Jawaban : D
Rasional: Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.
Strategi mengerjakan soal : Perhatikan usia anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.



3. Seorang anak menderita fraktur femur yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor dan dilakukan traksi kulit sementara sampai operasi dilakukan. Selama pengkajian, perawat mencatat bahwa nadi dorsalispedis tidak teraba pada kaki kanan. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan pada kasus di atas?
A. Pemberian analgesik
B. Lepaskan traksi kulit
C. Kompres es untuk ekstremitas
D. Beritahu penyedia layanan kesehatan
E. Tinggikan ekstremitas yang terluka

Jawaban : D
Rasional: Tidak terabanya nadi ekstremitas dari anggota tubuh yang terkena fraktur berarti anak dapat mengalami kompartemen sindrom. Ini adalah situasi darurat, dan penyedia pelayan kesehatan segera diberitahu. Pemberian analgesik tidak meningkatkan sirkulasi. Traksi kulit itak boleh dilepaskan tanpa resep dari penyedian pelayanan kesehatan. Kompres dingin pada ekstremitas dan ditinggikan ekstrimitas yang cedera dengan perfusi tidak teraba adalah salah. Kompres dingin dapat diresepkan ketika perfusi cukup untuk mengurangi pembengkakan.
Strategi mengerjakan Soal: Gunakan ABC. Berfokus pada data pertanyaan menunjukkan bahwa sirkulasi terganggu. Ini seharusnya mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.



4. Seorang anak 4 tahun mengalami jatuh di rumah dan setelah pemeriksaan X-ray anak menderita fraktur lengan dan dipasang gips. Perawat memberikan instruksi kepada orang tua tentang perawatan pada anak. Apakah pernyataan orang tua yang menunjukkan kebutuhan intruksi lebih lanjut?
A. Balutan terasa hangat ketika balutan kering
B. Saya bisa menggunakan lotion atau bedak di sekitar balutan untuk mengurangi rasa gatal
C. Sejumlah kecil semir sepatu putih dapat diberikan bila balutan putih kotor
D. Jika balutan basah, pengering dapat digunakan untuk mengeringkan cetakan
E. Anak saya akan menghindari gerakan memutar.

Jawaban : B
Rasional: Pengajaran tentang perawatan balutan gips adalah penting untuk mencegah komplikasi daribalutan. Orang tua harus diintruksikan untuk tidak menggunakan lotion atau bubuk pada kulit di sekitar tepi balutan atau dalam gips. Lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilihan A, C, D, dan E adalah pilihan yang sesuai.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata-kata yang strategis kebutuhan intruksi lebih lanjut. Kata-kata ini menunjukkan kejadian negatif dan meminta anda untuk memilih pernyataan yang salah. Ingta bahwa lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit.



5. Perawat klinik mengintrusikan orang tua dengan anak menderita HIV mengenai imunisasi. Apakah intruksi yang harus diberikan kelada orang tua?
A. Vaksin hepatitis B tidak akan diberikan kepada anak
B. Vaksin influenza yang tidak aktif akan diberikan setiap tahun
C. Vaksin Varicella akan diberikan sebelum usia 6 bulan
D. Perlu dilakukan tes western blot dan hasilnya dievaluasi sebelum imunisasi
E. Diberikan vaksin rutavirus

Jawaban : B
Rasional: Imunisasi terhadap penyakit anak yang umum terjadi diberikan kepada semua anak atau anak yang terinfeksi HIV. Vaksin influenza tidak aktif diberikan Secara IM (Vaksin influenza seharusnya diberikan setiap tahun). Vaksin hepatitis diberikan sesai jadwal imunisasi yang dianjurkan. Vaksin virus Varicella zoster sebaiknya tidak diberokan karena merupakan vaksin virus hidup; Varicella zoster imunoglobulin dapat diresepkan setelah paparan cacar. Vaksin rotavirus tidak boleh diberikan. Pilihan D adalah tidak perlu dan tidak akurat.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, imunisasi untuk anak dengan HIV. Pilihan D dapatdisingkirkan pertama kali karena western lod adalah soal diagnostik, bukan evaluatif. Dari pilihan yang tersisa, ingat kembali bahwa anak terinfeksi HIV beresiko untik terinfeksi oportunistik dan vaksin virus hidup tidak diberikan kepada anak dengan imunodefisiensi akan membantu dalam mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.



6. Anak menerima serangkaian vaksin hepatitis B dan datang ke klinik dengan orang tuanya untuk pemberian dosis kedua. Sebelum pemberian vaksin, perawat seharusnya menanyakan kepada orang tua tentang riwayat alergi parah yang pernah dialami anak terhadap.
A. Telur
B. Penisilin
C. Sulfonamid
D. Dosis atau komponen vaksin sebelumnya
E. Daging sapi

Jawaban : D
Rasional: Kontraindikasi menerima vaksin hepatitis B adalah reaksi anafilaksis sebelumnya untuk dosis-dosis vaksin hepatitis B atau komponen vaksin (Aluminium hidroksida atau protein ragi) sebelumnya. Alergi terhadap telur, daging sapi, penisilin dan sulfonamid tidak berhubungan dengan kontraindikasi untuk menerima vaksin ini.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, Kontra indikasi untuk menerima vaksin hepatitis B.dalam pertanyaan akan mengarahkan pada pilihan yang benar.



7. Seorang bayi lahir dengan diagnosis imperforta anus kenbali dari operasi dengan kolostomi. Perawat mengkaji stoma dan mencatat hasilnya kemerahan dan edema. Apakah tindakan keperawatan yang utama berdasarkan temuan ini ?
A. Mengangkat pantat
B. Mendokumentasikan hasil pemeriksaan
C. Melakukan kompres es segera
D. Memanggil penyedia layanan kesehatan yang melakukan operasi.
E. Memberikan antibiotik

Jawaban : B
Rasional: Kolostomi stoma segar akan berwarna merah dan edema, tetapi ini akan menurun seiring waktu. Kolostomi kemudian menjadi merah muda tanpa ada drainase yang abnormal, pembengkakan, atau kerusakan kulit. Perawat harus mendokumentasikan temuan ini karena ini adalah temuan normal. Pilihan A, C, D dan E adalah intervensi yang tidak sesuai dan tidak perlu.
Strategi mengerjakan soal : Fokus pada subjek, penilaian kolostomi paca operasi. Perhatikan kata-kata kembali dari operasi. Perawat harus mengharapkan kemerahan dan edema pada saat ini.



8. Perawat home care memberikan instruksi terkait pengendalian infeksi dasar pada orang tua dari bayi dengan infeksi human immunodeficiency virus (HIV). Kalimat mana dari orang tua yang mengindikasikan kebutuhan akan instruksi lanjutan ?
A. "Saya akan membersihkan semua kotoran yang tercecer dari popok dengan cairan alkohol"
B. "Saya akan mencuci botol bayi, dot, dan pengaman dot di tempat cuci piring atau menggunakan air hangat”
C. "Saya pasti menyiapkan makanan yang tinggi kalori dan protein”
D. "Saya pasti mencuci tangan dengan bersih sebelum dan setelah merawat bayi saya"
E. "Saya akan membersihkan semua alat yang terkena cairan tubuh bayi dengan larutan klorin”

Jawaban : A
Rasional: HIV ditularkan melalui darah, semen, sekersi vagina dan ASI. Ibu dari bayi yang terinfeksi HIVharus diintrruksikan menggunakan larutan klorin untuk nendesinfeksibenda-benda yang terkontaminasi atu membersihkan ceceran dari popok bayi. Alkohol tidak akn efektif untuk mematikan virus. Pilihan B, C, D, dan E adalah intruksi yang akurat terkait dengan pengendalian infeksi dasar.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kalimat kunci kebutuhan akan intruksi lanjut. Kalimat tersebut mengindikasikan suatu pernyataan negatif dan meminta anda untuk memilih jawaban yang salah. Ingat kembali tentang tindakan pengendalian infeksi dasar dan tindakan pencegahan penularan HIV akan membimbing anda pada jawaban yang benar.
Review: Tindakan perawatan di rumah untuk mencegah penukaran HIV

Semoga materi contoh soal pertama ini bermanfaat untuk semua, silahkan bagikan dan share blog ini bila bermanfaat untuk semua. terimakasih


Artikel Terkait

This Is The Oldest Page

3 komentar

Mkasih yaa, saya harap kmu bisa lanjut memposting soal-soal yang bermanfaat untuk kita pelajari terus

Mantap kak, lanjutkan postingan2nya

sangat membantu banget, sekedar masukan min, coba dong bisa diklik atau disorot tulisannya biar bisa kita print diword, but thaks atas tulisan-tulisan kreatifnya min.


EmoticonEmoticon